X-Steel - Wait

Social Icons

Saturday 18 January 2014

Shalahuddin sang penakluk yarusalem


Shalahuddin Al-Ayyubi

    Nama aslinya adalah Yusuf,dilahirkan di Triktit (Irak) pada 543 Hijriah atau 1138 Masehi.Ayahnya yang bernama Najmuddin Ayub berbangsa kurdi berasal dari Azarbaijan.
Kakeknya pindah ke Baghdad dengan membawa dua putranya yang bernama Najmuddin Ayyub (ayah Shalahuddin) dan Asadudin Syirkuwah. Kemudian,ayahnya dilantik menjadi gubernur di Triktit,sedangkan Asadudin dilantik menjadi panglima perang.
     Sejak kecil,Shalahuddin dibekali ilmu peperangan oleh pamannya sendiri Asadudin Syirkuwah yang tak lain adalah seorang panglima perang Baghdad. Sedangkan, ayahnya membekali ilmu agama kepada Shalahuddin. Sejak kecil hingga beranjak remaja, kehidupan Shalahuddin sama seperti anak anak lain pada umumnya dan tidak ada tanda tanda kelak ketika dewasa dia akan menjadi orang terkenal dan berpengaruh dalam penyebaran agama islam saat itu.

    Shalahuddin dididik dan dibesarkan seperti pemuda pemuda kurdi lainnya.Ketika beranjak dewasa,beliau menjadi pemuda yang jago menunggang kuda serta bergabung dengan pasukan berkuda di Kota Aleppo. Kemudian beliau dipindahkan ke Mesir. Shalahuddin sangat mencintai agama islam, Beliau bercita cita kembali merebut Baitul Maqdis dan demi tujuan tersebut Beliau bertekad untuk memperkuat pasukan muslim.Disaat rencana untuk merebut kembali Masjidil Aqsa dilaksanakan ,Shalahuddin melihat semangat juang ummat Islam makin menurun sehingga Masjidil Aqsa berhasil direbut kembali oleh musuh. Dia menginginkan agar semangat juang ummat Islam harus dihidupkan kembali dengan cara mempertebal kecintaan ummat kepada Nabi,Sehingga diadakanlah Maulid Nabi Muhammad SAW.

    Sebenarnya, merayakan hari kelahiran Nabi sudah sering diselenggarakan oleh Muzaffaruddin Gekburi, iparnya yang juga Gubernur Ibril di Suriah Utara. Oleh Gekburi, gagasan itu disampaikannya kepada Salahuddin, dan gayungpun bersambut. Sebagai penguasa Haramain (Mekkah dan Madinah), Salahuddin menghimbau kepada para jamaah musim haji tahun 579 H. Isi himbauannya: jika kembali ke kampung halaman atau negara masing supaya memberitahukan kepada semua ummat Islam bahwa sejak 12 Rabiul Awal 580 H/1184 M, Maulid Nabi dirayakan dengan berbagai kegiatan yang dapat membangkitkan semangat ummat.
    Hasil peringatan Maulid Nabi di era Shalahuddin saat itu, ternyata sangat mencengangkan. Semangat Ummat Islam untuk menghadapi prajurit Eropa dalam perang salib kembali bergelora. Akhirnya pada tahun hari jumat 27 rajab 583 H/ 4 juli1187 M tepatnya disaat perang Hattin, Salahuddin dan pasukannya berhasil merebut Yerussalem dari tangan bangsa Eropa.
Pedang shalahuddin
Pedang ini mampu membelah sutera yang dijatuhkan ke atasnya, juga mampu membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerosakan sama sekali. Sebuah penelitian mikroskopik menemukan bahawa pedang ini ternyata memiliki semacam lapisan kaca dipermukaannya. Boleh dikatakan ahli ilmuwan islam di timur tengah telah mencapai teknologi nano sejak seribu tahun yang lalu.

Setelah sekian lama pedang ini menjadi rahsia akan kehebatannya, akhirnya pengkaji barat telah berjaya membongkar rahsia pedang ini.
Kehebatan Pedang Salahuddin Al-Ayyubi telah dibongkar oleh Prof Dr. Peter Paufler dari Jerman. Prof tersebut menjumpai CNT di dalam pedang tersebut bersama senjata-senjata yang digunakan oleh tentera-tentera Islam pada ketika itu sewaktu perang Salib. CNT ini yang menjadikan pedang tentera Islam ini sangat tajam tetapi mudah lentur. 
CNT Apaan Tuhh ??
CNT merupakan suatu rantaian atom karbon yang terikat di antara satu sama lain secara heksagonal berbentuk silinder yang mempunyai diameter sekecil 1-2 nanometer. Silinder CNT ini boleh mencapai panjang sehingga berpuluh-puluh mikron dan tertutup di bahagian hujung seolah-olah sebatang paip yang ditutup dikedua-dua hujungnya.

Pencirian yang dilakukan terhadap bahan ini juga menjelaskan bahawa CNT mempunyai kekuatan paling tinggi berbanding bahan lain. Ia juga mempunyai sifat kekonduksian elektrik melebihi kuprum dan logam. Keunikan tiub karbon nano yang lain ialah mempunyai ketahanan terhadap suhu tinggi serta mempunyai jisim yang lebih ringan
dari aluminium.

Teknologi NANO
Teknologi NANO ini menggunakan besi baja "damascus" yang juga dipanggil wootz. Bijih besi ini mengandungi sejumlah peratusan unsur Karbon. Selain besi dan karbon, unsur-unsur seperti Kromium, Mangan, Kobalt juga ditambah bagi menambahkan lagi kekuatan, ketajaman dan kelenturannya.
Memang keunggulan umat muslim dalam bidang pengetahuan adalah sebuah berkah yang diberikan oleh Allah SWT yang tak terkira harga hingga bangsa lain pun kagum kepada kita sebagai umat muslim,oleh karena itu kita tidak boleh menyia nyiakan ilmu yang telah kita dapat agar kelak umat muslim dapat bersatu kembali,mereka telah melakukan yang terbaik dizamannya sekarang giliran kita untuk bangkit dan berjuang kembali.

No comments:

Post a Comment